Sekolah Adiwiyata

Karya Literasi Nonfiksi (Artikel)

Anda Flu? Obati dengan Istinsyaq!

 

 

Sumber foto: http://www.dakta.com/news/19410/

Sudah banyak penelitian ilmiah yang berhasul membuktikan bahwa di balik sunnah yang diajarakan oleh Nabi Muhammad SAW terdapat hikmah yang luar biasa bagi umat manusia. Setiap yang disunnahkan oleh beliau pastilah mengandung manfaat dan kebaikan bagi umatnya. Salah satu yang akan disampaikan pada tulisan ini adalah rahasia di balik sunnah istinsyaq.  

Sebagimana diketahui bahwa sebelum melakanakan wudhu disunnahkan untuk mencuci tangan, berkumur-kumur dan menghirup air melalui hidung. Sunnah wudhu mencuci tangan dengan ini yang mengalir saat ini menjadi salah satu protokol kesehatan. Kini di berbagai tempat tempat-tempat umum seperti di sekolah, mall, perkantoran, masjid, mushalla, hotel, tempat wisata dan sebagainya sudah lazim disedikan tempat untuk cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun.

Berkumut-kumur juga merupakan sunnah dalam wudhu yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Melalui kumur-kumur ini dapat membersihkan mulut dari berbagai macam sisa-sisa makanan, bakteri dan berbagai hal yang berhubungan dengan masalah kesehatan mulut.

Kemudian menghirup air ke dalam hidung atau dalam Bahasa Arab disebut istinsyaq yaitu menghirup air ke dalam hidung kemudian mengeluarkannya lagi. Rasulullah SAW menganjurkan untuk istinsyaq tentu ada maksud dan tujuannya. Dalam dunia kesehatan, istinsyaq sama halnya dengan nasal irrigation yaitu membersihkan rongga hidung dari segala macam kotoran yang bersarang di dalamnya mulai dari debu sampai bakteri.

Penulis sendiri sudah lama merasakan manfaat dari istinsyaq ini. Pada awalnya saat penulis terkena flu, ada salah seorang teman yang menganjurkan untuk istisyaq dengan baik. Alhamdulillah, setelah hal itu penulis lakukan sakit flu yang diderita mereda dan kemudian sembuh. Semenjak saat itu penulis sering menganjurkan bagi siapupun yang sedang sakit flu untuk membiasakan diri melakukan istinsyaq. Kenyataannya, banyak yang berhasil dan sembuh dari penyakit flu yang dideritanya lantaran melaksanakan anjuran Nabi Mummahad SAW untuk melakukan istinsyaq.

Selain untuk mengobati sakit flu, istinsyaq juga manjur untuk mencegah dari tertularnya virus flu. Belum lama ini isteri penulis menderita sakit flu akut sehingga meler-meler ingus dari hidungnya. Sebagai seorang suami penulis tetap melaksanakan hubungan dan kontak fisik seperti biasa dengan istri. Meski demikian, berkat rajin melaksanakan istinsyaq, penulis tidak ketularan virus flu dari istri.

Berdasarkan pengalaman tersebut, penulis meyakini apabila varian virus Omicron itu dianggap sama halnya dengan virus flu biasa sebagaimana dinyatakan oleh Bill Gates seperti dikutip oleh situs www.kompas.com “Setelah Omicron Berakhir, Covid-19 Jadi Flu Biasa”, maka istinsyaq akan efektif untuk mencegah tertularnya virus Covid-19.  

Inilah solusi sekaligus protokol keseharan Islmai yang perlu Anda coba untuk menghindarkan diri sekaligus mencegah tertularnya virus Covid Songolas.         

Mokh. Syaiful Bakhri

 

Friday the 1st. Joomla!® is free software released under the GNU General Public License.
Copyright 2022

©