Karya Literasi Nonfiksi (Artikel)

Karaya Literasi Nonfiksi (Artikel)

 

Anda Sakit Gigi? Obati dengan Bersiwak!

 

Sumber foto:https://mediaindonesia.com

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa sudah banyak rahasia yang tersimpan di balik sunnah Nabi Muhammad SAW yang sudah berhasil dibuktikan secara ilmiah. Mata para ilmuwan banyak yang terbelalak mengetahui betapa di dalam -sunnah-sunnah Nabi itu memiliki manfaat yang begitu besar bagi Kesehatan umat manusia.

Salah satu sunnah yang mengandung nilai-nilai kesehatan yang dibahsa kali ini adalah sunnah bersiwak. Sebelum melaksanakan shalat lima waktu umat Islam dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk bersiwak. Melalui sabdanya yang sangat terkenal, Rasulullah SAW menyampaikan: “Sekiranya tidak memberatkan kepada umatku, niscaya akan aku perintahkan untuk bersiwak sebelum melaksanakan shalat.”

Ternyata di dalam bersiwak ini terdapat rahasia kesehatan mulut yang luar biasa. Kayu yang digunakan untuk bersiwak berasal dari pohon siwak yang dalam Bahasa Latin disebut “Salvadora Persica”. Dahan dan akar pohon ini selama berabad-abad telah digunakan sebagai pembersih gigi alamiah dan telah direkomendasikan oleh Organisasi Keseharan Dunia (WHO) untuk membersihkan gigi dan mulut secara alami.

Rekomendasi tersebut diberikan karena berdasarkan hasil penelitian di dalam serat pohon Salvadora Persica ini mengandung bermacam zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut seperti fluoride, antiseptic dan enzyme inhibitor. Dalam zat-zat tersebut mengandung pembersih, pemutih dan antibiotic alami yang dapat membunuh bakteri sehingga sangat ampuh dalam membunuh bakteri atau kuman yang dapat menyebabkan sakit gigi.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa siwak merupakan bahan alami yang berfungsi untuk menghambat dan mematikan pertumbuhan bakteri serta menguatkan permukaan email gigi sehingga mencegah timbulnya gigi berlubang.

Penulis sendiri telah membuktikan manfaat dari melazimkan bersiwak sebelum melaksanakan shalat lima waktu. Sebelumnya, penulis sering menderita sakit gigi dan gusi seusai menyantap makanan yang mengandung daging. Setiap kali makan daging dan ada serat daging yang terselip di antara gigi, esoknya akan terasa sakit: nyut, nyut, nyut.. Alhamdulillah, semenjak melazimkan bersiwak sebelum shalat lima waktu, penulis tidak lagi menderita sakit gigi.

Bila Anda sedang sakit gigi atau sering mengalami masalah dengan gigi dan mulut, cobalah mengamalkan sunnah bersiwak. Perhatikan bagaimana manfaatnya bagi Kesehatan Anda! 

Mokh. Syaiful Bakhri

 

 

Friday the 1st. Joomla!® is free software released under the GNU General Public License.
Copyright 2022

©